Tujuan Bisnis – Ada banyak orang yang ingin berbisnis tanpa mengetahui tujuan sesungguhnya. Sebagian besar berpikir bahwa bisnis merupakan cara untuk mendapatkan uang dan berhenti sampai situ saja. Padahal, tujuan bisnis sebenernya bukan hanya soal uang , melainkan ada hal lainnya. Perjalanan memulai bisnis juga tidak selalu berjalan mulus. Hambatan dan tantangan menunggu di tengah jalan, mulai dari kekurangan modal hingga sepi peminat yang bisa berakhir dengan kebangkrutan
Tetapi, biar bagaimanapun juga, bisnis yang di usahakan pasti memiliki tujuan tertentu, baik tujuan secara umum maupun spesifikasi dari sisi pengusaha. Apa sajakah itu?
Tujuan Bisnis Secara Umum
1. Mendapatkan Keuntungan
Seperti yang telah di jelaskan sebelumnya, tujuan utama atau yang umumnya di ketahui adalah mendapatkan keuntungan. Hampir semua pengusaha memiliki tujuan ini.
Bahkan, perusahaan nonprofit pun sebenernya tetap membutuhkan keuntungan untuk menunjang kegiatan oprasionalnya. Karena itulah, pengusaha harus pandai melihat peluang dan mencari cara untuk mengembangkan bisnisnya hingga menghasilkan keuntungan.
Baca Juga : https://peraditasikmalaya.id/apa-itu-prialaku-politik-berikut-pengertian-tujuan-dan-contohnya/
2. Menciptakan Lapangan Kerja
Tujuan Bisnis yang satu ini sangat baik karena memerhatikan masyarakat luas. Saat bisnis baru didirikan, secara otomatis perusahaan akan menyerap tenaga kerja.
Semakin besar skala bisnisnya, semakin besar pula kemungkinan untuk menciptakan lapangan kerja yang lebih luas dan merekrut lebih banyak tenaga kerja.
3. Memenuhi Kebutuhan Masyarakat
Kebutuhan masyarakat begitu banyak dan bervariasi, baik yang berupa produk maupun layanan. Unit bisnis dapat membantu masyarakat memenuhi kebutuhan tersebut, mulai dari kebutuhan premier, sekunder, hingga tersier.
Sebaliknya, tanpa adanya perusahaan yang membuat barang dan jasa yang di butuhkan masyarakat, kebutuhan masyarakat pun tidak akan terpenuhi. Masyarakat dan perusahaan sejatinya saling membutuhkan dan saling menguntungakan
4. Meraih Prestasi
Tujuan bisnis selanjutnya adalah meraih prestasi , baik prestasi yang di akui lewat kompetisi maupun prestasi yang tidak di buktikan melalui penghargaan, misal nya ketika produk yang di promosikan viral atau memberikan manfaat bagi orang banyak.
Prestasi tersebut di anggap sebagai salah satu bentuk pengakuan dari masyarakat karena membuktikan bahwa produk atau layanan perusahaan tersebut lebih unggul dari kompetitor.
Semakin banyak penghargaan yang di peroleh suatu perusahaan, semakin besar pula kepercayaan konsumen terhadap perusahaan atau pimpinan perusahaan.
5. Memajukan dan Mengembangakan Usaha
Tidak ada satupun bisnis di dunia ini yang tidak bertujuan untuk memajukan dan mengembangkan usaha. Setiap orang yang berbisnis pasti menginginkan usahanya maju dan berkembang, baik dari segi produk dan layanan, SDM, maupun profit.
Semakin maju dan berkembang suatu usaha, semakin besar pula keuntungan yang di dapatkan dan semakin luas pula lapangan kerja yang di ciptakan.