Wisata Kawah Ijen Banyuwangi

Wisata Kawah Ijen Banyuwangi

Wisata Kawah Ijen Banyuwangi – Wisata Kawah Ijen menjadi destinasi impian banyak orang, terlebih bagi yang gemar mendaki gunung serta fotografi. Sebab, kamu bisa mendapatkan pengalaman mendaki yang memuaskan serta mengambil foto yang luar biasa indahnya. Hal ini tak terlepas dari keindahan kawan ijen, danau kawah yang bersifat asam yang berada di puncak Gunung Ijen dengan kedalaman danau 200 meter dan luas kawah mencapai 5.466 hektare.

Kawah Ijen yang terletak di gunung berapi Ijen, yakni di perbatasan Kabupaten Banyuwangi dan Kabupaten Bondowoso ini termasuk dalam wilayah Cagar Alam Taman Wisata Ijen Kabupaten Bondowoso dan Kabupaten Banyuwangi. Dari Kawah Ijen pula, kamu dapat bisa pemandangan puncak Gunung Marapi, Gunung Raung, Gunung Suket, dan Gunung Rante. Jika kamu berencana liburan ke wisata di Jawa Timur ini, berikut panduan wisata Kawah Ijen yang berhasil Traveloka rangkum.

Aktivitas utama yang kerap diincar para wisatawan adalah fenomena blue fire Ijen. Faktanya, fenomena api biru ini sangat langka, hanya bisa ditemukan di Indonesia dan Islandia. Bagi kamu yang belum mengetahui apa itu blue fire. Fenomena ini merupakan reaksi gas yang keluar dari gunung belerang kemudian bercampur dengan oksigen, lantas memperlihatkan bentuk seperti lidah api berwarna biru.

Wisata Kawah Ijen Banyuwangi

Kamu bisa melihat blue fire ketika musim kemarau, yaitu pada Juli hingga September sehingga api biru yang ditampilkan lebih jelas dan besar. Saat musim kemarau, jalur pendakian juga cenderung berpasir kering sehingga tidak licin. Untuk melihat blue fire, kau disarankan berangkat mendaki pukul 01.00 pagi untuk menempuh perjalanan sekitar 2 jam. Ingat ya, blue fire Ijen mulai mengecil menjelang pukul 05.00.

Baca juga: Usaha yang Menjanjikan di Masa Depan

Selain melihat blue fire, kamu juga bisa menyaksikan momen sunrise di wisata wKawah Ijen yang sangat indah. Untuk kamu yang ingin melihat sunrise terbaik, datanglah pada bulan Agustus karena matahari akan terlihat lebih jelas. Saat matahari mulai menampakkan sinarnya, hamparan awan akan menyambutmu untuk memberikan pengalaman yang magis.

Jika kamu ingin melihat blue fire terlebih dahulu, mulai pendakian pada pukul 01.00. Sementara jika ingin langsung menuju puncak sunrise, mulailah pendakian pada pukul 02.00. Adapun etimasi sunrise dari Puncak Kawah Ijen yakni pukul 05:30.